Monday, July 26, 2021

Apa Itu Teknologi 5G ?

Teknologi 5G memiliki kecepatan puncak teoritis 20 Gbps, sedangkan kecepatan puncak 4G hanya 1 Gbps. 5G juga menjanjikan latensi yang lebih rendah, yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi bisnis serta pengalaman digital lainnya (seperti game online, konferensi video, dan mobil self-driving).

Sementara teknologi seluler generasi sebelumnya (seperti 4G LTE) berfokus pada memastikan konektivitas, 5G membawa konektivitas ke tingkat berikutnya dengan memberikan pengalaman terhubung dari cloud ke klien. Jaringan 5G divirtualisasikan dan digerakkan oleh perangkat lunak, dan mereka mengeksploitasi teknologi cloud.

Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka yang mulus antara seluler dan akses Wi-Fi.Pengguna seluler dapat tetap terhubung saat mereka berpindah antara koneksi nirkabel luar ruangan dan jaringan nirkabel di dalam gedung tanpa campur tangan pengguna atau kebutuhan pengguna untuk mengautentikasi ulang.

Standar nirkabel Wi-Fi 6 baru (juga dikenal sebagai 802.11ax) memiliki ciri yang sama dengan 5G, termasuk peningkatan kinerja. Radio Wi-Fi 6 dapat ditempatkan di tempat yang dibutuhkan pengguna untuk menyediakan jangkauan geografis yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah. Mendasari Wi-Fi ini 6 radio adalah jaringan berbasis perangkat lunak dengan otomatisasi tingkat lanjut.

Teknologi 5G harus meningkatkan konektivitas di daerah pedesaan yang kurang terlayani dan di kota-kota di mana permintaan dapat melebihi kapasitas saat ini dengan teknologi 4G. Jaringan 5G baru juga akan memiliki arsitektur akses terdistribusi yang padat dan memindahkan pemrosesan data lebih dekat ke tepi dan pengguna untuk memungkinkan data yang lebih cepat pengolahan.

Disqus Comments